Selasa, 18 September 2012

LEMBAR REFLEKSI PKM PGSM UT


LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN

Nama                                     : HERI WURYANTO
NIM                                         : 017116502
Program Studi                        : Pendidikan Ekonomi
UPBJJ – UT                             : Pekanbaru

A.    Refleksi Komponen Pembelajaran
1.      Apakah Kegiatan Pembelajaran yang telah saya lakukan sesuai dengan indicator yang saya tentukan ?
Kegiatan Pembelajaran yang saya lakukan sesuai dengan indicator
Hal ini terjadi karena :
Pelaksanaan pembelajaran disesuaikan dengan rencana pembelajaran pada hari ini sehingga kegiatan pembelajaran dapat dituntaskan sesuai dengan tuntutan kurikulum

2.      Apakah Materi yang saya sajikan sesuai dengan dengan tingkat perkembangan siswa ?
3.      Apakah Media Pembelajaran sesuai dengan indicator yang telah ditentukan ?
4.      Bagaimana reaksi siswa terhadap metode pembelajaran yang saya gunakan ?
5.      Apakah alat penilaian yang saya gunakan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
B.     Refleksi Proses Pembelajaran
1.      Apakah pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan RP yang saya susun ?
2.      Apakah Kelemahan-kelemahan saya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran  ( Penguasaan materi, penggunaan media dan sumber belajar, penggunaan metode pembelajaran, penataan kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, penggunaan waktu, serta penilaian proses dan hasil belajar ) ?
3.      Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut ?
4.      Bagaimana memperbaiki kelemahan saya tersebut ?
5.      Apakah kekuatan saya dalam merancang dan melaksanakan pemebelajaran ?
6.      Apa penyebab kekuatan saya dalam merancang pembelajaran ?
7.      Apa penyebab kekuatan saya dalam melaksanakan pembelajaran ?
8.      Hal-hal unik ( Positif dan negative ) apa yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran yang saya lakukan ?
9.      Apakah saya mempunyai alas an yang dapat dipertanggungjawabkan dalam pengambilan keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan ? Jika ya alas an saya adalah :
10.  Bagaimana reaksi siswa terhadap pengelolaan kelas yang saya lakukan ? ( Perlakuan saya terhadap siswa, cara saya mengatasi masalah, memotivasi siswa ),
11.  Apakah siswa dapat menangkap penjelasan yang saya berikan ( misalnya siswa dapat menjawab pertanyaan yang saya berikan ) dan melaksanakan tugas dengan tepat ?
12.  Bagaimana reaksi siswa terhadap penilaian yang saya berikan ?
13.  Apakah penilaian yang saya berikan sesuai dengan indicator yang saya tetapkan
14.  Apakah siswa telah mencapai indicator kemampuan yang telah ditetapkan
15.  Apakah saya telah dapat mengatur dan memamfaatkan waktu pembelajaran dengan baik ?
16.  Apakah kegiatan penutup yang saya lakukan dpat meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi yang saya sampaikan ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar